• Garlic Corp


    Low Profile

  • Calendar

    January 2011
    M T W T F S S
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  
  • Archives

  • Top Posts & Halaman

  • Top Rated

  • Categories

HUBUNGAN ANTARA KEIMANAN DAN KETAKWAAN

Keimanan dan ketakwaan merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Orang yang bertakwa adalah orang yang beriman yaitu yang berpandangan dan bersikap hidup dengan ajaran Allah menurut Sunnah Rasul yakni orang yang melaksanakan shalat, sebagai upaya pembinaan iman dan menafkahkan rizkinya untuk mendukung tegaknya ajaran Allah ..

Takwa adalah melaksanakan perintah Allah dan menjauhkan larangannya. Iman adalah percaya pada pandangan dan sikap hidup dengan ajaran Allah, yaitu al-Qur’an menurut Sunnah Rasul, atau dengan selain ajaran Allah, yang terwujud ke dalam ucapan dan perbuatan.

Wujud iman menurut tiga unsur, yaitu isi hati, ucapan, dan laku perbuatan. Isi hati dan perbuatan disebut pandangan hidup, sedangkan laku perbuatan yang mewujudkan gerak berbuat dalam keseluruhan hidup manusia disebut sikap hidup.

Sikap hidup seseorang bisa bernilai haq bisa juga bernilai bathil, tergantung pada pandangannya. Jika pandangannya adalah pandangan haq, maka sikap hidup atau perilakunya bernilai haq. Demikian juga sebaliknya, jika pandangan yang dimiiki pandangan bathil, maka sikap hidup atau perilakunya bernilai bathil. Dengan demikian ada dua wujud iman yaitu wujud iman haq dan wujud iman bathil

Menurut pendapat jumhur ulama dan imam Syafi’i meriwayatkan ijma para shohabat,tabi’in dan orang-orang sesudah mereka yang sezaman dengan beliau bahwa iman adalah :

تصديق بالقلب وإقرار باللسان و عمل بالأركان

” Membenarkan dengan hati, mengikrarkan dengan lisan dan mengamalkan dengan anggota badan ”

” Membenarkan dengan hati maksudnya menerima segala apa yang dibawa oleh Rasulullah Saw. Mengikrarkan dengan lisan ” maksudnya mengucapkan dua kalimat syahadat ” Asyhadu alla Ilaha illah wa asyhadu anna Muhammadarrasulullah “. Sedangkan mengamalkan dengan anggota badan maksudnya, hati mengamalkan dalam bentuk keyakinan sedang anggota badan mengamalkannya dalam bentuk ibadah-ibadah sesuai dengan fungsinya.

Allah telah begitu banyak menyebutkan dan menjelaskan ayat-ayatnya  yang tercantum di berbagai surat dalam Al-qur’an diantara salah satu firmannya dalam surat al-‘Ashr :

إن الإنسان لفي خسر إلا الذين آمنوا وعملوا الصالحات
” Sesungguhnya manusia senantiasa berada dalam kerugian kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholih ”

Senada dengan ayat diatas Allah berfirman dalam surat  at-Tin :

إن الذين آمنوا وعملوا الصالحات فلهم اجر غير ممنون
” Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholih bagi mereka pahala yang tak terhingga ”

Orang yang benar-benar beriman kepada Allah dan rasulnya akan lahir dari dirinya sifat-sifat luhur dan akhlak mulia sebagaimana disinyalir dalam hadis-hadis Nabi saw yang mengatakan :

من كان يؤمن بالله واليوم الآخر فليقل خيرا او ليصمت

Dalam riwayat lain dikatakan :

من كان يؤمن بالله واليوم الآخرفليكرم ضيفه اوفليكرم جاره
Iman yang benar kepada Allah dan Rasulnya akan memberikan daya rangsang atau stimulus yang kuat untuk melakukan kebaikan kepada sesama sehingga  sifat-sifat luhur dan akhlak mulia itu pada akhirnya akan menghantarkan seseorang kepada derajat takwa. Orang yang bertakwa adalah orang yang benar imannya dan orang yang benar-benar beriman adalah orang yang memiliki sifat dan akhlak yang mulia. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa orang yang berakhlak mulia merupakan ciri-ciri dari orang yang bertakwa.

 

 

 

Leave a comment