Ilmuwan Inginkan Sistem Peringatan Dini Perubahan Iklim


LONDON – Ilmuwan menginginkan jaringan pengawasan yang lebih baik untuk gas efek rumah kaca, agar dapat memperingatkan negara-negara untuk mengurangi pengeluaran gas yang mampu menyebabkan pemanasan global.

“Yang kami harap untuk bisa dilakukan adalah melakukan peringatan yang bisa menyebabkan pemanasan, terutama di wilayah Kutub Utara,” ujar Euan Nisbet, seorang ahli khusus pengeluaran gas methan dari University of London.

“Jaringan pengawasan kita saat ini sangat terbatas. Kami merasa observasi lebih lanjut sangat dibutuhkan, seperti pengukuran yang mampu memperingatkan kemungkinan terjadinya pemanasan,” tulisnya di jurnal yang diterbitkan oleh The Royal Society.

Seperti yang dikutip dari The Straits Times, Senin (18/4/2011), data dari sistem peringatan dini perubahan iklim mampu melaporkan emisi gas efek rumah kaca. Saat ini iklim di Bumi telah berubah sedemikian cepat.

Para ilmuwan memperingatkan kalau perubahan iklim secra drastis ini disebabkan oleh emisi gas buatan manusia. Nisbet juga mengatakan kalau pemanasan global ini juga diikuti oleh mencairnya es di kutub

One Response

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: