5 Kiat Bangun Efisiensi Waktu Kerja


INGIN miliki usia lebih panjang? Segera kurangi jam kerja Anda mulai sekarang, agar terhindar dari risiko penyakit jantung yang mengintai setiap waktu.

Berapa jam-kah Anda setiap hari menghabiskan waktu untuk menjalani rutinitas di kantor? Normalnya mungkin 8 jam sehari sesuai dengan office hours yang ditetapkan banyak perusahaan. Namun, berhubung ketatnya pekerjaan yang dimiliki, tak jarang banyak kosmopolit menambah jam kerja hingga di atas 10 jam. Apakah Anda termasuk di antaranya?

Jika ya, sebaiknya segera kurangi kebiasaan tersebut. Menghabiskan waktu lebih dari 11 jam sehari untuk bekerja dapat memunculkan risiko serangan jantung sebesar 67 persen.

Nah, jika tidak ingin usia Anda terpangkas lebih cepat, segera susun ulang waktu kerja Anda. Berikut panduan yang bisa Anda lakukan, seperti ditulis Idiva.

Cek e-mail lewat BlackBerry

Lakukan tinjauan singkat kerja melalui e-mail yang masuk pada saat Anda melakukan perjalanan menuju kantor. Orang-orang membutuhkan balasan cepat atas e-mail kerja yang mereka layangkan. Sortirlah sebelum Anda mulai berkerja sehingga Anda dapat menabung waktu setidaknya setengah jam.

Buat daftar kerja

Mungkin seringnya sebagian orang melupakan hal ini. Padahal membuat daftar prioritas kerjaan akan memudahkan Anda melakukannya serta mempersingkat waktu kerja. Dengan cara ini Anda dapat mendahulukan berbagai agenda yang Anda anggap paling penting.

Minimalisir waktu kerja

Setiap kali Anda berjalan ke arah mesin fotokopi, jangan terjebak untuk mendengarkan gosip terbaru di kantor. Semakin sedikit Anda bergumul dengan hal yang tidak penting, maka semakin banyak waktu tersisa untuk memaksimalkan kerjaan Anda. Dan tentu saja, Anda dapat pulang kantor lebih cepat.

Hindari makan siang di luar kantor

Makan siang terlalu di luar kantor akan membuat Anda merasa lemas dan ujung-ujungnya menghambat produktivitas. Mengonsumsi salad ayam/telur atau sandwich dan segelas jus buah adalah pilihan terbaik untuk memulihkan tenaga yang hilang. Tipnya, hindari makan siang di luar ruangan selama jam kerja. Kegiatan tersebut hanya akan membuat Anda telat kembali ke tempat kerja dan mengakibatkan berbagai pekerjaan yang perlu segera penanganan jadi terbengkalai.

Ubah meeting malam menjadi sore hari

Jika Anda memiliki janji pertemuan dengan klien kantor, sebaiknya jadwalkan di sore hari, yakni sekitar pukul 16.00 WIB atau 17.00 WIB. Dengan menjadwalkan agenda ini, Anda akan menyelesaikan segala aktivitas kantor sebelum jam tersebut. Alhasil setelah pertemuan selesai, Anda pun dapat langsung bergegas pulang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: