Siap-Siap, Harga Emas Menuju USD1.600/Ounce


Harga emas diproyeksikan bakal memecahkan rekor harga di USD1.600 per ounce pada tahun ini dengan didorong oleh kekhawatiran atas inflasi yang tinggi dan rendahnya suku bunga global.

“Kami tidak akan terkejut jika harga emas menembus level USD1.600 per ounce sebelum tahun ini berakhir,” jelas Ketua GFMS Philip Klapwijk dalam laporan terbarunya seperti dikutip dari AFP.

Perkiraan tersebut tidak diubah dari prediksi awal pada Januari lalu. Kemungkinan ini semakin besar setelah harga emas mencapai rekor USD1.478,18 per ounce di London pada hari Senin.

“Investor terus khawatir tentang prospek inflasi, dengan pemerintah secara umum menunjukkan nafsu makan sedikit untuk mengetatkan kebijakan moneter. Dan, sorotan pelaku pasar juga difokuskan pada keuangan pemerintah, ada banyak alasan untuk percaya bahwa investor akan tetap fokus pada pasar emas,” jelasnya.

Dalam beberapa waktu terakhir ini, harga emas telah melonjak karena investor mencari instrumen yang aman di tengah kekhawatiran atas dolar AS yang lemah, inflasi yang tinggi, kerusuhan Timur Tengah dan masalah utang zona euro.

Logam yang dinilai mewah dan berfungsi sebagai perhiasan dan investasi ini dianggap sebagai tempat yang aman di saat ketidakpastian ekonomi dan politik, dan tetap memiliki nilai yang baik di tengah inflasi yang melambung.

Klapwijk mengatakan, secara riil harga logam mulia tersebut saat ini masih di bawah puncak historis. Emas diperdagangkan di USD850 per ounce pada tahun 1980, dan nilai itu (dengan memperhitungkan inflasi) setara dengan USD2.248 pada tahun 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: