Nitrogen Berperan Besar dalam Polusi Dunia


Nitrogen memang berperan penting di Bumi, namun zat tersebut juga mengotori udara, tanah dan air, yang membuat tiap orang di Eropa harus mengeluarkan uang sebesar 740 Euro per tahunnya, demikian menurut sebuah studi.

Studi tersebut dilakukan oleh 200 ahli dari 21 negara dan 89 organisasi. Estimasi biaya tahunan yang disebabkan oleh polusi nitrogen di seluruh Eropa adalah sebesar 70 miliar sampai 320 miliar Euro. Demikian seperti yang dikutip dari The Straits Times, Senin (11/4/2011).

“Hampir setengah dari populasi dunia tergantung pada pupuk untuk makanan yang berbasis nitrogen. Penelitian diperlukan untuk mengurangi dampak dari polusi nitrogen,” ujar Mark Sutton dari Centre for Ecology and Hydrology.

“Solusinya salah satunya adalah penggunaan yang efektif dari pupuk, serta oang harus memakan daging lebih sedikit,” tambahnya.

Sektor agrikultur dihitung menggunakan nitrogen sebesar 80 persen, itu sudah termasuk tanaman yang memakai pupuk berbasis nitrogen.

Nitrogen memiliki kadar sebesar 78 persen di atmosfir bumi,. Zat tersebut menjadi ancaman bagi kesehatan manusia, tanah, air dan ekosistem, ketika sudah diubah oleh manusia menjadi sebuah produk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: