Minum Jus Sama Sehatnya dengan Makan Buah


Meminum jus buah sama sehatnya dengan memakan buah langsung, demikian menurut sebuah penelitian yang dipresentasikan di pertemuan Experimental Biology (EB) di Washington, Amerika Serikat (AS).

Penelitian tersebut juga mengungkap potensi keuntungan jus buah yang dapat mengurangi resiko penyakit kronis, termasuk kanker, jantung, dan lain-lain. Demikian seperti yang dikutip dari EurekaAlert, Senin (11/4/2011).

“Mengkonsumsi buah memang bermanfaat, akan tetapi sampai saat ini belum ada konsensus yang jelas mengenai keuntungan mengkonsumsi jus buah,” ujar penulis penelitian tersebut, Dianne Hyson, PhD, MS, RD.

“Analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa jus buah mengandung komponen bioaktif penting yang penting bagi kesehatan dan pencegahan penyakit,” tambahnya.

Penelitian tersebut menyatakan kalau pengkonsumsian jus apel, jeruk, anggur dan delima menunjukkan efek yang bagus. Contohnya meminum jus apel dan anggur dapat mencegah penuaan dini. Lalu jus delima juga mampu mengurangi resiko kanker prostat. Sementara jus jeruk dapat mencegah kanker.

Penelitian yang dipresentasikan tersebut di University of California, ada beragam jenis penelitian di dalamnya, mulai dari ujicoba klinis sampai hal lainnya. Total ada 60 makalah untuk penelitian ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: