Lepas Penat di Pulau Hari


BERKUNJUNG ke Pulau Hari, sama dengan memanjakan diri dengan wisata bahari. Pulau ini berada di bagian timur Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Walau pelayanan jasa wisata belum memadai, namun rutinitas pengunjungnya cukup ramai.

Pada hari-hari libur tertentu, wisatawan lokal asal Kendari memanfaatkan pulau ini sebagai tempat pelepas penat dari suasana kota yang bising. Pulau dengan pasir putih mulus akan mengundang Anda untuk berenang dan menyelam di dalam air yang jernih bagai kaca pada suhu 28 sampai 34 derajat Celsius.

Pulau Hari Tampak dari Daratan Sulawesi Tenggara

Objek wisata Pulau Hari adalah salah satu solusi bagi Anda yang butuh ketenangan dan tantangan alam bahari nan natural. View pantai berpadu secara alami dengan garis-garis kebiruan air laut merupakan tantangan bagi pecinta fotografi untuk mengeksplor pahatan alamnya.

Sedang buat yang suka diving atau snorkeling, pada kedalaman tujuh hingga delapan meter, beningnya air membuat mata telanjang mampu menembus pemandangan taman laut dengan warna-warna yang cantik menawan. Ada 15 site diving di pulau ini, dan dua site lain ada di pulau tetangganya Saponda Darat dan Saponda Laut, serta satu site diving di pesisir Labuan Peropa. Jarak site diving Pulau Hari ke site lainnya hanya berkisar 50 meter.

Terumbu Karang di Sekitar Pulau Hari

Di sekitar site diving, sejumlah ikan berseliweran seakan minta diajak bermain. Bintang-bintang laut yang besar bertebaran dalam warna-warna rupawan. Beberapa clown fish lucu mirip Nemo, banyak dijumpai di sini. Adapula jenis ikan marga Pomacentridae, Marga Gobii, marga Pomachantidae dan ikan Angel. Beberapa jenis ikan yang masuk dalam kategori hampir punah ada di sini, di antaranya ikan Sunu, Kerapu, Sotong, Gurita, Lobster, dan jika beruntung, pengunjung bisa melihat atraksi penyu.

Binatang laut yang tak kalah menarik adalah Kelinci Laut atau biasa dikenal Nudibranch dan Electrik Clamp, bentuknya adalah kerang laut yang mengeluarkan cahaya pada malam hari. Hewan ini bisa dijumpai pada kedalaman enam hingga delapan meter.

Saat ini, ada dua club diving lokal yang setiap hari sabtu hingga minggu intens mengeksplorasi tantangan di pulau ini. Sedang untuk wisatawan nasional dan internasional, hampir tiap tahun pasti ada yang berkunjung.

Sayang, perhatian pemerintah daerah untuk pengembangan pulau ini sangat minim. Saat ini, hanya ada Badan Pariwisata Provinsi yang selalu membantu Corona Diving Club Kendari untuk mempromosikan pulau ini ke event nasional, Deep Indonesia di Jakarta. Di antaranya pameran potensi wisata pulau hari di ajang nasional.

Hamparan Pasir Putih Pulau Hari Dilihat dari Puncak Pulau

Dari Kota Kendari, hanya butuh waktu satu jam untuk mencapai pulau ini, dengan menggunakan boat yang banyak terdapat di pelabuhan Beringin, kompleks Pasar Sentral Kota Lama, Kendari. Jika sore hari, sepanjang perjalanan pengunjung akan disuguhi pemandangan bawah laut pada kedalam 10-15 meter. Tapi jika Anda melakukan perjalanan pada siang hari, pemandangan bawah lautnya bisa dinikmati hingga pada kedalaman 30 meter. Gimana, menantang bukan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: