Studi: Hanya Sedikit Tweet yang Berpengaruh

Sebuah studi berjudul ‘Who Says What to Whom on Twitter’ yang dilakukan oleh Yahoo Research menyimpulkan bahwa dari sekian banyak tweet, hanya 0,05 persen tweet yang menarik perhatian.

Dari 260 juta tweet DI Twitter yang dipelajari, hampir 50 persen tweet yang dikonsumsi oleh pengguna dibuat oleh ‘pengguna elit’ yang masuk dalam empat kategori, yaitu: media, selebritis, organisasi dan blogger. Demikian seperti yang dikutip dari Mashable, Selasa (29/3/2011).

Para peneliti menyimpulkan bahwa Twitter menyerupai pusat berbagi informasi ketimbang sebuah situs jejaring sosial.

Studi ini menggali lebih dalam mengenai tweet itu sendiri. Sebagai contoh, ketika pengguna biasa mengkonsumsi tweet dari selebritis dan blogger, selebritis dan blogger itu pun juga mengikuti tweet dari orang terkenal lainnya.

“Dengan mempelajari arus informasi di antara lima kategori, analisis kami berhasil mengungkap jawaban dari pertanyaan sebelumnya mengenai penelitian komunikasi,” tulis sang penulis dalam penelitiannya.

Awal bulan ini Twitter berulang tahun ke lima. Klik ke sini untuk mengunduh hasil studi tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: