Inilah Fakultas Favorit di ITB

Menjelang tahun ajaran baru, calon mahasiswa biasanya kebingungan menentukan fakultas yang akan dipilih. Bagi peminat teknik, Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi salah satu kampus favorit. Lalu fakultas apa saja yang paling tinggi peminatnya di Kampus Ganesha ini?

Rektor ITB Akhmaloka menyebutkan, ITB memiliki tiga fakultas yang tiap tahunnya selalu jadi favorit mahasiswa, yaitu Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), dan Fakultas Teknologi Industri (FTI). Quota tiga masing-masing fakultas ini sebanyak 300 kursi per-tahun.

“Tiap tahunnya, tiga fakultas ini selalu papan atas, banyak diminati. Selain itu pasinggrade-nya juga paling tinggi,” terang Akhmaloka, kepada okezone, di ITB, Bandung, Jawa Barat, (29/3/2011).

Banyak perusahaan yang minat pada lulusan fakultas ini. Bahkan banyak juga yang mengikatnya sebelum lulus. Misalnya perusahaan perminyakan dan pertambangan nasional dan internasional yang biasa memberi beasiswa di beberapa semester sebelum mahasiswa lulus. Setelah itu, mereka diminta kerja.

“Dan yang begitu banyak sekali, tidak hanya di FTTM tetapi juga di beberapa jurusan lainnya biasa diminta sebelum lulus,” tuturnya.

Dia menyebutkan, 70 persen lulusan ITB langsung kerja di perusahaan swasta atau industri. Sisanya di tempat lain seperti instansi, melanjutkan S2, atau PNS.

FTTM, kata Akhmaloka, diminati karena teknologi tambang minyaknya. Saat ini eksplorasi minyak di dalam dan luar negeri tengah digalakkan. “Perusahaan asing seperti Petronas (Malaysia) itu banyak minta (SDM) ke kita,” sebutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: